Contoh Teks Eksposisi Kelebihan, Keuntungan, Dampak Positif Perdagangan Bebas dari Aspek Ekonomi, Politik/Politisi, dan Aspek Buruh/Pekerja atau Sosial Sesuai Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Wis dikoreksi Bu Kin. Wis mesti bener kabeh cah. Garek copas kok:v



Tiara Putri M.
X-IIS/ 29
Kelebihan Perdagangan Bebas
Menurut prinsip-prinsip demokrasi di Indonesia, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia. Perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek. Ada tiga aspek yang memiliki banyak keuntungan akan perdagangan bebas yaitu, aspek ekonomi, politik, dan pekerja.
Yang pertama dari aspek ekonomi, perdagangan bebas meningkatkan pendapatan nasional bagi negara yang melaksanakannya. Pendapatan tersebut berasal dari bea masuk dan biaya lain atas ekspor dan impor. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi, laba, standar hidup, dan jumlah komoditas yang tersedia di setiap negara. Kegiatan produksi dalam negeri menjadi meningkat secara kuantitas dan kualitas. Melalui impor, kebutuhan dalam negara dapat terpenuhi. Itu karena tidak adanya batasan wilayah yang membatasi perdagangan bebas.
Lalu, perdagangan bebas juga dapat menciptakan pasar, yang permintaannya terhadap barang jauh lebih besar daripada permintaan dalam negeri. Kemudian, akibat perdagangan bebas, barang yang tersedia lebih beragam. Kesejahteraan sebuah masyarakat akan meningkat bila mereka memiliki beragam jenis barang untuk dipilih. Juga  dapat memperluas pasar dengan produk unggulan suatu negara, sehingga negara tersebut dapat memperoleh keuntungan. Selain itu, keragaman jenis barang juga menguntungkan produsen karena ia membuka kesempatan bagi tumbuhnya produksi barang-barang yang dibutuhkan untuk memproduksi jenis barang yang lebih beragam dan lebih murah ongkos produksinya. 
Yang kedua keuntungan yang dapat diambil jika dilihat dari aspek politisi dengan adanya perdagangan bebas, yaitu dapat mempererat hubungan persaudaraan dan kerjasama antar negara. Juga dapat memunculkan kreatifitas bagi para politisi negara agar tetap dapat bersaing di pasar internasional.
Yang ketiga keuntungan yang dapat diambil jika dilihat dari aspek buruh/pekerja atau aspek sosial dengan adanya perdagangan bebas yaitu dapat memperluas lapangan kerja dan kesempatan masyarakat untuk bekerja sehingga tingkat pengangguran suatu negara semakin kecil. Kemudian juga perdagangan bebas dapat membuka peluang buruh untuk leluasa mengais rezeki di luar negeri. Artinya, buruh suatu Negara bebas mencari kerja ke negara-negara yang memiliki upah buruh lebih tinggi, yakni di negara-negara industri maju.

Dari uraian diatas, jelaslah bahwa perdagangan bebas dapat memberikan keuntungan pada setiap negara yang memberlakukannya. Di satu pihak, mendapatkan barang yang dibutuhkan. Di lain pihak, menguntungkan perekonomian di negara tersebut. Secara otomatis, barang yang diproduksi juga akan lebih baik karena pihak produsen akan bersaing dengan produsen di lain negara. Saya juga tidak mengesampingkan adanya kekurangan dari perdagangan bebas. Namun, seperti yang dijelaskan diatas bahwa perdagangan bebas jauh lebih memberikan dampak positif dibanding dampak negatifnya. 

0 comments:



Post a Comment